Yunus Matuan, Sosok yang Memiliki Konsep Hebat Memajukan Jayawijaya

0
Yunus Matuan, Sosok yang Memiliki Konsep Hebat Memajukan Jayawijaya
Yunus Matuan (kiri), bersalaman dengan Peneliti Senior CSIS, Jack Kristiadi, usai berdiskusi ringan.

WAMENA, VISTABEOGE.COM —Pria yang satu ini sangat luwes dan ramah. Konsep pembangunan yang dimilikinya sering dia bagikan saat diskusi atau berbincang santai dengan siapa saja.

Pengalaman masa lalu sebagai aktivis saat masih mahasiswa, membuat dia kini sangat peduli untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Dia adalah Yunus Matuan, alumni Universitas Satria Makassar yang kini telah menjadi seorang birokrat di Kabupaten Jayawijaya.

Pengalamannya menjadi Kepala Dinas Kehutanan di kabupaten itu, telah memberikan dia waktu untuk mengabdi memajukan masyarakat setempat. Pengabdian itu ingin dilanjutkannya dengan satu komitmen tangguh, yakni membawa Kabupaten Jayawijaya menjadi daerah yang maju dalam dunia pendidikan.

“Bagi saya, prioritas pembangunan ke depan untuk Kabupaten Jayawijaya adalah meningkatkan kesiapan Sumber Daya Manusia atau SDM. Sehingga dunia pendidikan harus menjadi perhatian serius, pendidikan dalam arti yang luas. Baik formal, non formal dan informal. Salah satunya dengan menyiapkan atau membuka unit sekolah baru, dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi. Tenaga pengajarnya juga harus disiapkan secara baik dan kebutuhan murid atau siswa-siswi mesti diperhatikan,” tutur Yunus, alumni PMKRI Cabang Makassar Santu Albertus Magnus. Dia menyampaikan itu kepada Vistabeoge.com, Senin (9/10/2017).

Menurutnya, potensi pertanian; perkebunan; kelautan dan perikanan di daerah itu otomatis menguntungkan masyarakat bila kesiapan SDM sudah matang.

“Kabupaten Jayawijaya memiliki banyak potensi yang luar biasa. Antara lain pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan. Semua potensi tersebut tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bila SDM terus diperhatikan,” kata calon bupati itu.

Selain itu kata Yunus, studi banding ke daerah lain yang sudah berhasil mengelolah potensi daerahnya sangat penting dilakukan. Demikian juga kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada, perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

(vista)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here