Menyukseskan Swasembada Kedelai, 25 PPL Ikut Bimtek

0
Suasana pelatihan PPL di BPK Komodo di Nggorang, Labuan Bajo, Kamis (19/10/2017). Foto: Obeth Sabu.

LABUAN BAJO, VISTABEOGE.COM – Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) tanaman pangan (kedelai) kepada 25 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Bimbingan itu berlangsung di gedung Balai Penyuluh Kecamatan (BPK) Komodo di Nggorang, Labuan Bajo.

Bimtek yang berlangsung tanggal 18 hingga 20 Oktober 2017 itu, merupakan salah satu upaya untuk mendukung swasembada kedelai di Indonesia.

Ketua Panitia Bimtek Muhammad Awaludin, melalui anggota panitia, Endang Oktavia Giri, menyampaikan bahwa Bimtek itu menghadirkan satu orang pemateri dan dua orang nara sumber.

“Satu orang pemateri berasal dari Kabupaten Manggarai Timur yang merupakan alumni TOT kedelai. Dia juga merupakan tenaga PPL. Sedangkan nara sumbernya, yakni Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Mabar serta Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan, Maksimus Nambut,” kata Endang yang ditemui di lokasi Bimtek, Kamis (19/10/2017).
Disampaikannya, 25 orang PPL yang ikut bimbingan terdiri dari Kecamatan Komodo 2 orang, Boleng 2 orang, Sanonggoang 1 orang, Mbeliling 1 orang, Welak 6 orang, Lembor Selatan 4 orang dan Macang Pacar 9 orang.

Pantauan Vistabeoge.com hari itu, para peserta antusias dan proaktif mengikuti tiap tahapan kegiatan.

Pola Bimteknya, antara lain mengggunakan metode pembelajaran androgogi berupa, diskusi, penugasan dan kerja kelompok. Selain itu, lokasi BPP yang berlokasi jauh dari kebisingan sangat mendukung pelaksanaan kegiatan.

“Bimtek ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi. Metode yang digunakan juga menyenangkan. Ada banyak hal baru yang kami dapatkan. Kami juga tidak merasa jenuh”, komentar salah seorang peserta kepada vistabeoge.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here