Maria Florida Nanga: Ditawari Beasiswa ke Amerika

Bukan ranking yang dibanggakannya, tetapi pengetahuan-pengetahuan baru yang didapatnya dalam perlombaan

0
Maria Florida Nanga di saat berbicara di panggung kompetisi
Maria Florida Nanga di saat berbicara di panggung kompetisi

LABUAN BAJO, VISTABEOGE.COM – Tak pernah ia duga sebelumnya jika ia akan ditawari beasiswa ke Amerika. Namun, ia yakin. Semangat dan perjuangannya untuk berprestasi adalah jalan terbaik menuju cita-citanya. Simak kisah Maria Florida Nanga yang ditawari beasiswa ke Amerika.

Gadis lesung pipi ini sekarang masih berada di bangku kelas dua SMK Stella Maris Labuan Bajo. Senyum manisnya menambah keramahan saat dia berbincang singkat saat ditemui di sekolahnya, Senin (10/4/2017) siang.

Tuturan demi tuturan dari mulutnya seperti aliran air yang mengalir tanpa hambatan. Dia merupakan salah satu siswi yang berbakat dan berpotensi di sekolaha itu.

Siswi dengan jurusan Usaha Perjalanan Wisata ini memiliki kemampuan yang baik dalam berpidato. Dia merupakan salah satu siswi NTT yang ikut bersaing dalam lomba pidato Bahasa Inggris tingkat nasional di Jakarta.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari tanggal 5 April sampai 8 April 2017 di Jakarta itu, siswi dengan nama lengkap Maria Florida Nanga keluar sebagai juara 6 dari 29 peserta.

Bukan ranking yang dibanggakannya, tetapi pengetahuan-pengetahuan baru yang didapatnya dalam perlombaan itu menjadi hal penting yang diraihnya.

“Jurinya saat itu adalah orang dari Amerika yang berjumlah enam orang. Saya baru pertama kali ke Jakarta mengkuti perlombaan pidato Bahasa Inggris. Banyak pengetahuan baru yang saya dapat, antara lain tekhnik berpidato. Kalau di Indonesia, berpidato itu harus diatur intonasinya, harus serius, tetapi kalau orang Amerika katanya berpidato dengan santai dan tidak tegang. Banyak peserta yang jatuh di bagian itu,” kata Maria.

Disampaikannya, penguasaan kosa kata Bahasa Inggris yang dimilikinya tidak berbeda jauh dengan para peserta yang mendapat juara namun pengalaman mengikuti lomba yang berbeda.

Satu hal yang membuatnya terus termotivasi untuk belajar berpidato Bahasa Inggris, yaitu tawaran dari para juri yang tergabug dalam Aminef mengajak peserta untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Amerika.

“Mereka berpesan agar jika berminat untuk beasiswa kuliah di Amerika, dipersilahkan untuk menghubungi mereka kalau nanti sudah tamat. Saya sendiri merasa tertarik dan terus belajar agar berhasil mendapat beasiswa kuliah di Amrika,” kata Maria.

Putri dari pasangan Bapak Yohanes Titing dan Ibu Maria Fransiska ini, sebelumnya belajar di TK Bajawa Lebi Jaga di Kabupaten Ngada. Lalu melanjukan ke Sekolah Dasar di SDI Wae Nakeng Lembor, seterusnya ke sekolah menengah di Kota Labuan Bajo.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here