Jokowi: Orang selfie di Labuan Bajo, fotonya langsung viral ke seluruh dunia

0
Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri menghadiri Pembukaan Kompas 100 CEO Forum, di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta, Rabu (29/11) pagi. (Foto: Setkab.go id)

JAKARTA, VISTABEOGE.COM – Presiden Joko Widodo menegaskan, momentum perekonomian Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang menjanjikan. Hal itu tak terlepas dari tingginya kepercayaan dan minat dunia untuk berinvestasi di Indonesia.

Situasi perekonomian yang tumbuh secara positif itu tak terlepas dari beberapa hal mendasar yang telah dikerjakan pemerintah dalam kurun waktu tiga tahun. Antara lain; infrastruktur, perkembangan teknologi dan globalisasi.

Berdasarkan perkembangan yang terjadi, kata Jokowi, peluang bisnis saat ini ada di daerah-daerah. Sektor bisnis yang cukup menjanjikan di daerah adalah sektor pariwisata dan lifestyle.

Bertumbuhnya sektor pariwisata di daerah, lanjut Jokowi, tak terlepas dari perkembangan sarana dan prasarana digital yang kian mudah diakses.

Tempat-tempat wisata di Indonesia bisa dengan mudah terkenal karena media pengenalannya tak sulit digunakan. Jokowi pun mencontohkan Labuan Bajo.

“Contoh sekarang ada orang selfie atau wifie, di Labuan Bajo, Raja Ampat, fotonya bisa langsung viral ke seluruh dunia. Sudah banyak heboh yang membicarakan destinasi wisata di Indonesia karena internet tak kenal batas dan jarak,” kata Jokowi dalam acara Kompas 100 CE0 Forum di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Hal itu bisa terlihat dari semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Jokowi juga menyinggung pertumbuhan investasi di Indonesia. Kini, kata Jokowi, dunia memandang Indonesia sebagai negara berstatus layak investasi.

“Ini pertama kali sejak tahun 1997, pertama kali dalam 20 tahun Indonesia diberikan status layak investasi oleh tiga lembaga rating, yaitu dari Standard and Poor’s, Moody’s, dan Fitch Rating’s,” kata Jokowi.

Selain soal investasi, Jokowi juga menjelaskan tentang perbaikan dalam kemudahan berusaha, sebagaimana yang dilaporkan oleh World Bank dalam laporannya tentang Ease of Doing Business di Indonesia.

Laporan itu menunjukkan, pada tahun, peringkat kemudahan berusaha di Indonesia meningkat dari 106 menjadi 91, dan yang terbaru 2018 menjadi peringkat yang ke 72.

Terkait peluang bisnis di daerah, Jokowi memastikan bahwa kedepan, investasi di daerah akan semakin meningkat. Sebab, kemudahan infrastruktur di daerah telah semakin nyata terlihat.

Daerah yang sekarang sudah berbeda, karena infrastrukturnya yang membuat daerah sekarang semakin mudah dijangkau.

Sebagai contoh Bandara Labuan Bajo, kata Jokowi, “Sudah bisa terbang direct, terbang nonstop Jakarta-Labuan Bajo dan dari daerah-daerah lain.”

Minggu yang lalu dirinya meresmikan bandara yang sudah puluhan tahun tidak pernah diapa-apakan, Bandara Silangit di Toba menjadi bandara internasional, dan Garuda sekarang sudah terbang direct dari Singapura ke Silangit.

“Sebentar lagi bandara di Belitung juga akan jadi bandara internasional. Ini adalah manfaat pembangunan infrastruktur yang juga segera kita rasakan satu per satu,” papar Presiden Jokowi.

Kompas 100 CEO Forum itu dihadiri oleh para direksi BUMN, kepala daerah, pemimpin asosiasi usaha, dan para CEO pilihan Kompas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here