Dari Ikan Cara Sambal Mentah, Sampai Urap Jantung Pisang, Ada di Exotic Labuan Bajo

0
Bangunan Exotic Restaurant Labuan Bajo
Bangunan Exotic Restaurant Labuan Bajo

Menu lokal yang disajikan sangat memanjakan lidah dengan komposisi bumbu dan tampilan yang menggiurkan. Menu lokal terdiri dari menu Indonesia dan menu Manggarai. Ikan Cara Sambal Mentah adalah salah satu menu lokal Manggarai yang disiapkan di restaurant ini. Demikian juga dengan menu Urap Jantung Pisang. Menu ini disiapkan sebagai bentuk pelestarian terhadap menu lokal di tanah Manggarai.

Exotic Restaurant Labuan Bajo, selain menyajikan hidangan Ikan Cara dan Urap Jantung Pisang, juga menyiapkan sejumlah menu lokal lainnya secara lengkap. Seperti nasi goreng kampung, touge ikan asin, ca kangkung bunga pepaya, ca bunga pepaya, pare serta beberapa menu makanan lokal Indonesia. Sedangkan untuk snack atau makanan ringan, Exotic yang hadir dengan konsep restaurant keluarga dan transit ini menyiapkan Singkong Goreng Manggarai. Tidak hanya itu, restaurant yang berada tepat di depan Bandara Komodo Labuan Bajo ini, menyiapkan juga berbagai macam menu masakan Cina.

“Exotic hadir di Labuan Bajo sudah memasuki tahun keempat. Kami menyiapkan Indonesia food dan Chinese food dengan konsep restaurant keluarga dan restaurant transit. Jumlah menu yang kami siapkan sebanyak 50 menu, bervariasi termasuk snack. Khusus untuk menu lokal, sebanyak sepuluh menu. Termasuk menu pare dan snack singkong goreng,” kata pemilik Exotic Restaurant, Vincentius Felix yang ditemui direstaurant tersebut, Senin (8/8/2016).

Dijelaskannya, nasi goreng kampung terinspirasi dari cerita bahwa pada masa silam sangat sulit untuk mendapatkan minyak goreng di Manggarai, kecuali minyak kelapa.

“Nasi goreng kampung yang kami siapkan, tidak pakai sambal dan digoreng menggunakan minyak kelapa. Nasi goreng kampung dicampur dengan ayam goreng biasa dan saos biasa. Kalau Ikan Cara Sambal Mentah, dicampur dengan tomat, irisan bawang dan beberapa bumbu lainnya,” kata Vincentius.

Sejumlah menu lokal yang disajikan tersebut, harganya berkisar antara Rp 30 ribu sampai Rp 47 ribu setiap porsinya.

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Labuan Bajo beberapa waktu lalu, menyempatkan diri menikmati Ca Kangkung Bunga Pepaya, Ikan Cara Sambal Mentah dan Ikan Kuah Asam hasil masakan Restaurant Exotic. Selain Presiden Jokowidodo, ada sekitar tujuh orang menteri yang menikmati menu di Restaurant Exotic saat datang secara terpisah ketika mengunjungi Labuan Bajo. Pejabat lainnya, seperti Gubernur NTT Frans Lebu Raya, anggota DPRD, anggota DPR RI maupun anggota DPD RI hingga para calon bupati dan calon wakil bupati di daratan Flores, juga menikmati menu makanan di restaurant ini bila berkunjung ke Labuan Bajo.

Baca juga: Menikmati Ikan Kuah Asam di Kedai Laperpool

Restaurant Exotic yang berada dekat dengan Bandara Komodo, berdampingan dengan souvenir shop dan Exotic Hotel. Para wisatawan juga hampir setiap hari memenuhi restaurant ini, baik wisatawan domestik maupun manca negara.(*)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here